Selasa, 13 Maret 2018

Ebook Tutorial Maintenance Mesin-Mesin Pabrik



Pencegahan    kerusakan  mesin  sangat  penting  untuk  mencapai kehandalan,  operasi  kontinu  dan  keselamatan  operasional  pabrik. Pencegahan dapat  dicapai  dengan menentukan  spesifikasi,  seleksi, pemasangan  dan  perawatan  mesin  sesui  dengan  standard  mutu. Analisa  dan  evaluasi  semua  aspek  harus  selalu  dilakukan  terus-menerus untuk mendapatkan hasil yang  terbaik. Root cause analisis yang  tepat  dan  akurat  sangat  diperlukan  untuk  dapat  menjamin tercapainya biaya operasi mesin sekecil-kecilnya.
Umumnya  target  dari  Bagian  Operasi  lebih  menonjol  ketimbang analisa  problem,  sehingga  belum  sempat  dianalisa  mesin  harus segera  kembali  beroperasi,  dan  kerusakan  yang  sama  sering berulang kali terjadi. Tidak dapat beroperasinya mesin akibat kerusakan komponent dapat dikurangi  dan  dicegah  jika  kita  mampu  meng-antisipasi  potensi problem. 

Sepintas Pekerjaan Maintenance merupakan pekerjaan membosankan, menghabiskan biaya, berulang-ulang, bahkan kadang dianggap menjadi musuhnya bagian produksi. Katanya ,”habis perbaikan kok tambah rusak”. Hal inilah yang menjadi tantangan kaum maintenance untuk meng-improve diri/group, belajar meningkatkan diri , mencari informasi-informasi atau ilmu-ilmu yang belum diketahui. Sebab tanpa maintenance, sebetulnya produksi juga lebih terancam untuk  rusak dan tidak dapat berproduksi”.

Jadi kerja-sama yang baik sangat diperlukan untuk kontinuitas produksi. Mengoperasikan, memelihara adalah tanggung jawab bersama. Setelah melalui perjalanan panjang di bidang Maintenance : dari hanya mengenal yang ada “breakdown maintenance” s/d adanya system maintenance saat ini “preventive/ prediktive/ proactive/automation/ produktive” atau dengan nama “RCM’ dll. Apapun system yang dipakai, ada pokok-pokok pengetahuan praktis yang harus dikuasai terlebih dulu.

Adminengineeringone ingin berbagi informasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan maintenance kepada teman-teman yang punya tanggung-jawab sebagai seorang maintenance, yaitu informasi-informasi yang paling mendasar dalam sebuah Ebook Tutorial Maintenance Mesin-Mesin Pabrik yang kami rangkum dalam 2 buah Ebook.

Jadi faktor  penting dalam Maintenance mesin-mesin pabrik adalah :
1.       Memilih mesin harus sesuai dengan standard mutu kualitas dan sesuai dengan penggunaan operasi.
2.       Mengoperasikan sesuai dengan standard prosedur operasi.
3.       Merawat dengan system perawatan proaktip harus dipilih  dan dilaksanakan secara konsistan.
4.       Manusianya mampu dan mau melaksanakan semua system yang terpilih secara konsistan.

Ebook Tutorial Maintenance Mesin-Mesin Pabrik ini hanyalah merupakan salah satu panduan  praktis untuk melakukan alignment mesin rotasi dan motor listrik. Ebook Tutorial Maintenance Mesin-Mesin Pabrik ini disusun dengan menfokuskan pada :
1.       Alignment mesin dianggap hal yang sepele, padahal lebih dari 50% kerusakan mesin rotasi disebabkan oleh mesin mis-alignment.
2.       Pemahaman motor listrik
3.       Ebook Tutorial Maintenance Mesin-Mesin Pabrik sebagai panduan praktis bidang teknis berbahasa Indonesia masih sangat jarang kita jumpai.

Bagi teman-teman maintenance yang ingin mempelajari dan menambah wawasan Maintenance Mesin-Mesin Pabrik sebagai referensi memaintenance mesin pabrik dapat memperoleh materi Ebook Tutorial Maintenance Mesin-Mesin Pabrik dapat menghubungi adminengineeringone melalui kontak berikut ini :

SMS/WA 085259494414 / 081253920214 atau email: fikrisabilone@gmail.com / wawacivil@gmail.com.

Cukup dengan Rp. 50.000,- (Lima Puluh Ribu Rupiah) sebagai ganti lelah admin dalam menyusun tutorial tersebut, anda akan mendapatkan materinya yang akan admin emailkan/kirimkan kepada anda. Hanya dengan lima puluh ribu rupiah anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa dengan materi tersebut

Harapan adminengineeringone agar Ebook Tutorial Maintenance Mesin-Mesin Pabrik ini dapat membantu para perawat mesin untuk mengatasi  sebab-sebab  kerusakan mesin. Kami  berusaha menulis dengan  bahasa  dan  urutan  sederhana  dengan  tujuan  mudah dipelajari, namun tentu masih banyak kekurangan. 

Semoga  Ebook Tutorial Maintenance Mesin-Mesin Pabrik ini  bermanfaat,  saran  dan  kritik  dari  para  pembaca
sangat kami harapkan

Tidak ada komentar: