Selasa, 13 Maret 2018

Ebook Tutorial Aplikasi Perencanaan Struktur Gedung Menggunakan Etabs



Etabs adalah program aplikasi komputer yang dikembangkan oleh CSI untuk memodelkan struktur gedung dengan menggunakan metode elemen hingga. Dan dengan menggunakan Etabs perhitungan perencanaan gedung menjadi lebih cepat. Bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan jika perhitungan struktur menggunakan metode elemen hingga dilakukan secara manual menggunakan bantuan excel, apalagi jika strukturnya bertingkat banyak.

Program computer akan sangat efesien dan efektif bila di jalankan dengan benar, dalam arti bahwa Etabs adalah sebuah program,jika apa yang kita inputkan benar,maka hasilnya juga akan benar,namun jika yang kita inputkan salah maka output yang keluar juga akan salah, walaupun program tetap memberikan output. Karena program hanyalah sebuah alat bantu aplikasi. Nah…untuk itu agar hal tersebut jangan terjadi, berikut ini kami sharekan Ebook Tutorial Aplikasi Perencanaan Struktur Gedung Menggunakan Etabs yang di dasarkan pada SNI 03-2847-2002 Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung. Dimana dalam tutorial tersebut di bandingkan dengan konsep perhitungan secara manual dan dengan menggunakan bantuan program Etabs.

Dalam pembahasan Ebook Tutorial tersebut di jabarkan dengan sangat detail, sehingga mudah untuk dipelajari bagi yang baru pertama belajar Etabs. Dimana dalam pembahasan Ebook Tutorial tersebut dibagi dalam beberapa pokok bahasan sebagai berikut :

1.       Bab I. Pemodelan Struktur.
Pada bab ini anda akan di pandu bagaimana cara membuat model struktur gedung 3D sehingga menyerupai bentuk aslinya dan sangat friendly serta easy use…..

2.       Bab II. Pembebanan.
Pada bab ini anda di pandu untuk menghitung beban-beban yang bekerja pada struktur berdasarkan peraturan pembebanan bangunan gedung di Indonesia dan bagaimana cara mengiputnya dalam program Etabs.

3.       Bab III. Analisis Gempa.
Dalam bab ini ada di pandu bagaimana menganalisis beban gempa pada gedung berdasarkan SNI 1276-2002 tentang Standar Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan dengan menggunakan program Etabs. Anda akan di pandu dengan sangat detail sehingga diperoleh simpangan akibat beban gempa dalam tiap lanti dapat diketahu dengan sangat mudah.

4.       Bab IV. Perencanaan Tangga.
Tangga adalah akses pengguna bangunan untuk mencapai tiap-tiap lantai pada bangunan bertingkat, bahkan saat ini dalam setiap bangunan gedung harus memiliki tangga darurat walaupun sudah ada lift dan eskalator, jadi tangga adalah satu hal yang tidak boleh di lewatkan dalam pembuatan bangunan. Pada bab ini Anda akan di pandu bagaimana membuat tangga yang memenuhi syarat keamanan dan kenyamanan dan detail penginputannya di Etabs sampai dengan penulangannya.

5.       Bab V. Perencanaan Plat Lantai.
Dalam perencanaan plat Lantai kita mengenal istilah perencanaan plat satu arah dan perencanaan plat dua arah. Dalam tutorial ini akan di bahas bagaimana merencanakan plat lantai dua arah dengan menggunakan program Etabs. Langkah-langkah pengerjaanya sangat simple dan mudah hingga didapatkan gambar detail penulangan plat lantai.

6.       Bab VI. Perencanaan Balok Anak.
Dalam perencanaan balok anak meliputi perhitungan tulangan utama dan tulangan geser. Dalam bab ini Anda di pandu bangaimana merencanakan balok anak dengan cara manual dan program Etabs, sehingga anda akan memahami lebih jauh tentang perencanaan beton bertulang baik secara manual dan program.

7.       Bab VII. Perencanaan Balok Induk Melintang.
Dalam tutorial Perencanaan Balok Induk Melintang Anda akan di pandu bagaimana menghitung tulangan pokok dan tulangan sengkang baik secara manualmaupun dengan program Etabs….

8.       Bab VIII. Perencanaan Balok Induk Memanjang.
Dalam tutorial Perencanaan Balok Induk Memanjang  Anda akan di pandu bagaimana menghitung tulangan pokok dan tulangan sengkang baik secara manualmaupun dengan program Etabs dengan berbagai kombinasi pembebanan sesuai peraturan yang ada.

9.       Bab IX. Perencanaan Kolom.
Dalam bab 9, akan di bahas bagaimana merencanakan kolom baik secara manual menggunakan program Etabs. Anda akan di pandu dengan sedikit teori prinsip-prinsip kerja pada kolom,lalu di bahas bagaimana merencakan kolom baik dengan program Etabs ataupun perhitungan manualnnya.

10.    Bab X. Perencanaan Joint Balok – Kolom.
Perencanan hubungan balok kolom pada struktur rangka pemikul momen khusus (SRPMK) dihitung dengan probability (Mpr) dari balok yang betumpu dijoint. Pada bab ini akan di uraikan gaya-gaya yang bekerja pada kolom tengah dan kolom tepi serta bagaimana merenacakan penulangannya sesuai SNI-03-2847-2002 sehingga di peroleh detail penulangannya.

11.    Bab XI. Perencanaan Pondasi Tiang Pancang.
Pada babini akan di pandu bagaimana merencanakan pondasi tiang pancang dimulai dari perencanaan daya dukung tiang pancang secara tunggal dan tiang pancang secara group, perencanaan pile cap,dan kolom pendek diatas pile cap. Semua di sertai dengan teori dan gaya-gaya yang bekerja pada tiang pancang dan diuraikan secara manual dan secara program sebagai alat bantu. Anda dapat membandingkan hasilnya…

12.    Bab XII. Perencanaan Tie Beam.
Dalam bangunan gedung Tie Beam atau sloof ditempatkan di atas pile cap yang mengikat kolom pendek agar tidak terjadi penurunan setempat pada pondasi dan untuk menahan tekanan lateral pada struktur. Perencanaannya hamper sama dengan balok, namun karena pada Tie Beam posisinya berada di bawah maka pembebannya berbeda dengan kolom.
13.    Bab XIII. Perhitungan Praktis dengan Etabs.
Pada bagian akhir akan di jelaskan rangkuman perhitungan struktur gedung menggunakan Stabs mulai dari awal sampai akhir,juga dijelaskan bagaimana cara membaca hasil output Etabs dan di aplikasikan dalam gambar penulangan baik plat lantai,balok dan kolom secara gambling.

Bagi Anda yang ingin mempelajari bagaiamana cara mendapatkan materi Ebook Tutorial Aplikasi Perencanaan Struktur Gedung Menggunakan Etabs dapat menghubungi adminengineering melalui kontak berikut ini :

SMS/WA 085259494414 / 081253920214 atau email: fikrisabilone@gmail.com / wawacivil@gmail.com.

Cukup dengan Rp. 50.000,- (Lima Puluh Ribu Rupiah) sebagai ganti lelah admin dalam menyusun tutorial tersebut, anda akan mendapatkan materinya yang akan admin emailkan/kirimkan kepada anda. Hanya dengan lima puluh ribu rupiah anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa dengan materi tersebut.
Dengan perkembangan teknologi saat ini anda semakin mudah belajar hanya dalam gengaman tangan dan mudah di bawa kemanapun ada pergi. Setiap saat Tutorial tersebut dapat anda buka.

Semoga bermanfaat….


Tidak ada komentar: