Senin, 02 Maret 2015

BAGIAN-BAGIAN PABRIK MINYAK KELAPA SAWIT (2)



Station Fruit Reception and Storage

c.  Oil Storage tank
Oil storage tank pada PMKS adalah sebuah bangunan tempat penampungan cruide oil palm hasil pengolahan yang berupa tanki dengan konstruksi dari plat baja ms umumnya berbentuk silinderis dengan diameter dan tinggi tertentu. Kapasitas Oil storage tank umumnya di buat  di sesuaikan dengan kapasitas olah PMKS.


                                          Gambar 1. Oil storage tank kap. @ 2000 MT

Pada oil storage tank di lengkapi dengan suatu sistem pemanasan dengan memanfaatkan steam yang di sebut steam coil. Konstruksi steam coil pada oil storage tank berupa pipa-pipa yang di bentuk sedemikian rupa sehingga pada saat steam yang panas melewatinya akan terjadi perpindahan panas sehingga suhu di dalam oil storage tank selalu terjaga. Umunya suhu di dalam OST di jag pada 50 – 550C. Agar panas pada minyak menyebar merata, maka di pasang juga suatu mixer dari yang di gerakan oleh elektromotor guna mendapatkan panas yang merata pada semua titik.


                                            Gambar 2. Contoh konstruksi steam coil OST

Dalam mengatur suhu yang masuk kedalam oil storage tank maka pada sistem steam coil untuk inlet steamnya di pasang suatu alat termostat dimana pada saat panas di dalam oil storage tank sudah tercapai, maka secara otomatis pada inlet akan tertutup....klo dipikir seperti alat yang ada di dalam radiator mobil gan...Cuma bentuknya aja yang berbeda...


                                                     Gambar 3. Termostat pada OST.


d.  Despath sheed

Despath sheed adalah station dimana CPO akan di muat ke dalam mobil tanki. Pada despath sheed di lengkapi dengan sistem pemompaan CPO dari OST yang di salurkan sedemikian rupa sehingga CPO dapat sampai ke dalam mobil tanki dengan aman.

                                               Gambar 4. Rumah pompa Despath sheed.

Pada despath sheed di buat sedemikian rupa, sehingga pada saat pengisian CPO dapat dilakukan pada kondisi hujan maupun tidak hujan.

                                      Gambar 5. Proses loading CPO dari OST ke truck tanki.

Pada setiap PMKS mempunyai SOP masing-masing dalam proses penangan CPO di dalam OST dan pada saat loading di despath. Intinnya bahwa mutu minyak yang ada di OST dapat selalu terjaga walaupun di simpan lama, juga pada saat loading dapat di lakukan dengan aman dan mutu selalu terjaga.


Tidak ada komentar: